Kamis, 20 Juni 2013

TKM (Tes Keluar Masuk) (?)

Fiuhhhhh...ga kerasa besok TKM (minggu lalu sebelum ketikan ini dibedong ke Blog(?)). Tau ga? Tes Keluar Masuk. Duuuhh:$. Bukan deng. Tes Kendali Mutu. Itu looh persiapan atau kisi-kisi sebelum UN nanti. Mungkin. Tapi..ah ngapain coba diadain TKM? Toh taunan gue UN sudah enyah dari bumi ini. UN akan dibumihanguskan!! Hahah *telen borgol*.  Entah kenapa belakangan ini atau tepatnya setelah pindah rumah atau lebih tepatnya lagi setelah selesai PKL, gue moody untuk sekolah. Whoppss..tahan dulu. Maksudnya bukan gue ngga kepingin sekolah, tapi yaa..moody.
Ngerasa gak sih? Pasti semua, bahkan seluruh siswa di Indonesia tepatnya di Ibu Kota ini mulai mengalami yang namanya penurunan hasrat untuk meraih gelar juara di kelas. Hm maksudnya mulai males deh buat yang namanya nguber-nguber atau berlomba dalam mendapat nilai tertinggi di kelas. Apalagi dalam lingkup satu sekolah-____-
Contohnya gue. Berasa banget gitu ya dateng ke sekolah cuma buat setor muka. Tau kan maksud gue? Sekarang gini, contohnya di hari Senin gue berangkat subuh dari rumah. Naik kereta. Naik bis dan sesampainya di sekolah pasti rasa capek dan ngantuk yang akan gue rasa. Setidaknya rasa kantuk akan hilang kalau guru ‘danger’ melakukan KMB di kelas. Nyatanya? Guru yang gahar jarang masuk. Dan...nyatanya  lagi yang ngajar di kelas adalah guru-guru yang baik hati. Guru yang dengan sabar menerima kegiatan nyeleneh yang dilakuin muridnya saat KMB berlangsung. Dan itu sadis sih..
Apalagi yang dilakuin murid saat jam kosong? Tidur. Main kartu (gaplek dan kawan sejenisnya). Curhat sesama kaum wanita. Guling-gulingan dari lantai pojok sampe ke pojok lainnya. Foto-foto bernarsis ria. Nonton film dari yang horror, film biru, merah sampe layar putih abu-abu doang. Bolak-balik kamar mandi ngga tau abis ngelakuin perbuatan apa (bisa aja pipis atau main air dibak). Bahkan ada yang cuma bengong sambil ngeraba tembok. Entah apa yang dia pikirin. Tapi bagi gue semua itu punya sisi kenikmatan sendiri bagi si penikmat, tentunya.
Kembali ke topik awal, intinya gue numpahin ini dalam bentuk tulisan karena gue ngerasa aneh dengan keadaan sekolah (baca: kelas) yang gue pribadi alami. Mulai bermalas-malasan. Sampe sekolah kalau ngga belajar ya tidur. Kalau ngga tidur ya belajar. Itu-itu ajasih. Juga saat jam istirahat, entah udah berapa kali selama sekolah disini gue kenyang tanpa mengeluarkan uang banyak, bahkan pernah sesekali duakali bahkan tigakali (sering ya namanya?) tanpa mengeluarkan uang. Kok bisa? Wiih jelas. Kalau prinsip gue ‘untuk apa punya banyak teman kalau masih merasa lapar’. Jadikan teman mu sebagai pemadam kelaparan. Eits..harus ada timbal baliknya juga looh ya.
The point is...lo pikir sendiri aja deh ya. Gue males kalau harus ngasih kesimpulan dari apa yang ditulis. Gue kan hanya ingin menumpahkan bukan mencari kesimpulan. Hehe.
Senin, 3 Juni 2013
06.31 a.m
AAAAAAAAA KESIANGANNN. Seketika loncat dari kasur dan langsung ngambil anduk dan jebuuuuur. Gue mandi coboy, lagi. Setelah kelar mandi tanpa jeda panjang dan berhayal macem-macem, gue langsung rapi pake seragam. Triiing...aaam masukin satu sendok nasi ke dalem mulut buat sarat supaya nyokap ngga ngomel. Bergegas naik ojek menuju stasiun dan beberapa menit nunggu kereta. Sekalinya ada yang lewat malah kereta Ekonomi. Bejibuuun. Gue panik. Stress. Bimbang antara tetap melanjutkan perjalanan ke sekolah atau cabut. Gue hubungin nomor telpon temen yang bisa diajak cabut.
Kawan 1: yah gue hari ini UKK ven.
Kawan 2: gue udah di sekolah.
Panik makin panik. Kereta lewat dan gue yakinin diri gue buat tetep sekolah. Jam 6.10 gue baru nyampe Depok Baru. Bayanginnn!!!
Gue berharap malaikat dadakan bisa ngebantu. Gue bm cowok gue.
‘Bisa anter gue ke sekolah ga? Gue telat’
‘Maaf yang aku hari ini kan kerja jadi ga bisa nganter kamu’
Oh Gosh.. Oke gue paham. Setibanya di Kalibata, gue naik 57. Ini makin gila. Buncit - Mampang macet. Parah. Gue hampir lepas kontrol. Rasanya mau balik ke stasiun dan nabrakin diri ke rel. Ini serius. Belum pernah gue sepanik ini selama sekolah. Gue coba nenangin diri. Tarik – nafas - buang. Tarik - nafas - buang.
Ini adalah kasus terlambat gue ke 4kali selama semester 2. Dan sangsinya adalah belajar di ruang resepsionis bareng guru piket dan panggil orangtua. OH MY!!! Ngga kebayang gimana kalau orangtua harus ke sekolah hanya untuk denger omongan guru piket ‘Maaf bu, anaknya terlambat sudah 4kali. Kenapa ya?’ atau ngga ‘Ibu orangtuanya aven ya? Dia terlambat terus loh bu. Abis ini dia harus bersihin WC satu sekolah’. Itu gila, kan?
Selama perjalanan di bis gue muter otak gimana caranya bisa masuk kelas tanpa kegep guru piket. Dan tiba-tiba gue mendapat Ilham dari Yang Maha Kuasa juga dari teriakan kenek saat gue berdiri dan dia bilang ‘Stm kiri berhenti Stm’. Nahhh!!! Disitu gue dapet ide brilian untuk nitipin tas di babeh dan cuma bawa raport (buat dikumpul) dan underwear!!


Depan gerbang
Gue ngelongok dari luar sekolah. Alhamdulillah pas banget pintu gerbang kebuka. Dengan langkah cantik dan hati-hati gue berjalan melewati gerbang sekolah dan nemuin 2 makhluk bumi. Pak Sugandi dan satpam Pak Mukhtarom.
‘Kok baru dateng ven?’ gue ditanya tanpa nada curiga. (karena gue ga bawa tas)
Dengan gaya santai gue pun menjawab ‘abis ngambil raport sama underwear nih pak. Kebetulan lagi dapet’ gue cengengesan.
Toh mereka ngga tau kalau rumah gue di Citayem.
Setibanya di kelas...
AAAAAA GUE LOLOSSS!!! Anak kelasan tau sebenarnya gue terlambat dan harusnya dapet point dan sangsi yang tadi. Setelah gue jelasin semuanya, respon mereka..
‘gila lo ven. Jam 8 nyampe sekolah. Guru piket kan Bu Yana. Sadis’
‘hebat ga kena sangsi. Ngelewatin satpam sama guru pula’ dan lain-lainnya.
Lalu gue menjawab dengan santai dan tanpa nada sombong.
‘Ngga percuma waktu TK – SD nilai mengarang gue diatas rata-rata’ Gue cengengesan, lagi.

Dan hari ini berjalan dengan baik. Sangat amat baik. KMB tidak berjalan dengan sempurna. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Desember di Jogja

Merasa penat dengan hiruk-pikuk ibukota, macet dan dibuat berjuang setiap hari kerja dengan angkutan urban yang terkadang cukup tidak man...